Rabu, 02 Maret 2011

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM BIDANG MEDIA INFORMASI & PUBLIKASI PERIODE 2009 - 2010

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh…

Segala puji bagi Allah Tuhan yang maha kuasa, Bahwa sampai saat ini kita masih diberi limpahan nikmat dan rizki serta nikmat sehat jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul, bertatap muka dan saling bersilaturahim. Shalawat beserta salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

Yang terhormat, ketua DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang, yang terhormat ketua dan Sekretaris DPD Serikat Pekerja Nasional Provinsi Banten, yang terhormat Para Ketua PSP Serikat Pekerja Nasional se-Kabupaten Serang dan Para Delegasi/peserta Rakercab I yang banggakan dan saya cintai. Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya menyampaikan laporan Kegiatan atas amanat yang diberikan melalui Konferensi Cabang III DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang dilakasanakan pada tanggal 12 sampai dengan 13 Desenber tahun 2009 di Gedung PKPRI Pandeglang kepada saya Bidang Media Informasi & Publikasi.

Hadirin peserta Rakercab I yang saya hormati, Bidang Media Informasi & Publikasi sesungguhnya mempunyai peran yang sangat strategis dalam membangun kekuatan gerakan di DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang.

Hadirin peserta Rapat Kerja Cabang ke I Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang saya hormati, ada 5 (lima) point program yang diamanatkan kepada Bidang Media Informasi & Publikasi DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang dihasilkan oleh/dari Konferensi Cabang III DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang dilakasanakan pada tanggal 12 sampai dengan 13 Desenber tahun 2009 di Gedung PKPRI Pandeglang yaitu:

  1. Membuat/menerbitkan Bulletin sebagai sarana Informasi & Publikasi organisasi DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang,
  2. Mengadakan Pelatihan Jurnalis,
  3. Melakukan sosialisasi dan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, lembaga Pendidikan tingkat SLTA, kalangan Mahasiswa/wi dan Akademisi se-Kabupaten Serang,
  4. Mentransformasikan, mendokumentasikan agenda-agenda Organisasi kepada PSP Serikat Pekerja Nasional se-Kabupaten Serang,
  5. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan Media Cetak maupun Elektronika, sebagai sarana Informasi, Kampanye dan Advokasi.

Hadirin peserta Rapat Kerja Cabang Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang saya hormati, adapun dari seluruh program yang diamanatkan bisa saya jelaskan sebagai berikut:

  1. Pembuatan/Penerbitan Bulletin ternyata bukan merupakan program yang mudah, karena memerlukan pemikiran, SDM dan dana yang tidak sedikit. Awalnya program ini diusulkan oleh Bidang Media Informasi & Publikasi terbit setiap seminggu sekali, namun setelah melalui koordinasi internal organisasi maka disepakati Bulletin dijadwalkan terbit setiap 2 (dua) minggu sekali, dan berkat dukungan dari seluruh pengurus DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang, alhamdulillah Bulletin bisa terbit perdana pada bulan Juli 2010. Namun untuk edisi berikutnya, sangat disayangkan Bulletin ini tidak/belum bisa terbit hingga sekarang, hal ini didasarkan pada pertimbangan pendanaan yang tidak sedikit.
  2. Pelatihan Jurnalis sebenarnya merupakan program lanjutan dari periode kepengurusan DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang tahun 2004 – 2009 lalu yang belum bisa berjalan hingga saat ini,  pada kepengurusan periode yang lalu, Bidang Media Informasi & Publikasi yang kembali diemban oleh saya sebenarnya pernah akan dilaksanakan Pelatihan Jurnalis pada bulan November tahun 2009,  DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang melalui Bidang Media Informasi & Publikasi mengirimkan surat kepada Pimpinan Media Cetak Radar Banten dengan tujuan meminta agar diberikan Narasumber untuk Pelatihan Jurnalis, permintaan ini direspon oleh Pimpinan Media Cetak Radar Banten pada akhir bulan November dimana pada saat itu DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang sedang berkonsentrasi pada persiapan Konferensi Cabang, sehingga DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang berpendapat lebih baik menunda program tersebut dan berharap bisa dilanjutkan oleh kepengurusan pada periode berikutnya, pada kepengurusan periode sekarang ini, Bidang Media Informasi & Publikasi pada bulan Mei tahun 2010 bermaksud mengadakan program Pelatihan Jurnalis yang bersifat swadaya dan swadana dengan peserta sukarela, mengingat pada saat itu calon peserta cukup banyak, saya meminta ijin tempat kepada ketua DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang, dan direspon baik dengan memerintahkan agar program Pelatihan Jurnalis ini langsung dihandle oleh Organisasi agar bisa dilaksanakan secara maksimal dan bisa dipertanggungjawabkan secara Organisasi. Namun pada perjalanannya, program ini terhambat karena surat yang dilayangkan kepada PSP mengenai konfirmasi peserta Pelatihan Jurnalis kurang mendapat respon.
  3. Program sosialisasi dan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, lembaga Pendidikan tingkat SLTA, kalangan Mahasiswa/wi dan Akademisi se-Kabupaten Serang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keberadaan dan peran DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang dalam dunia ketenagakerjaan, hal ini sangat perlu dilakukan. Memang secara hirarki hukum ketenagakerjaan tidak ada kaitan langsung antara Serikat Pekerja dengan para tokoh masyarakat, namun dalam perjalanan Serikat Pekerja tidak dapat dihindari benturan akibat kurang fahamnya para tokoh masyarakat dengan keberadaan dan peran Serikat Pekerja, program ini alhamdulillah telah dan sedang berjalan, yang pertama kita mengadakan dengan Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Para Kepala Desa se-Wilayah Kecamatan Kibin yang juga dihadiri oleh unsur TRIPIKA dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2010 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kibin sebagai fasilitas tempat yang diberikan oleh pihak Kecamatan, agenda serupa yang kedua juga telah kami laksanakan di Kecamatan Cikande pada bulan Juni 2010, dan untuk Kecamatan lain insya Allah Bidang Media Informasi & Publikasi sudah mengagendakan. Sementara sosialisai dengan lembaga Pendidikan setingkat SLTA merupakan hal yang juga penting untuk diagendakan, mengingat Siswa dan Siswi lulusannya berpotensi menjadi Calon Tenaga Kerja, yang mana mereka belum tentu paham tentang kondisi Ketenagakerjaan. Namun agenda ini belum bisa kami laksanakan mengingat waktu dan pendanaan yang belum memungkinkan.
  4. Melibatkan peran serta Media lokal, baik Media Cetak atau Media Elektronik dalam upaya mempublikasikan kegiatan-kegiatan Aksi Publik Organisasi DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang.


Hadirin peserta Rapat Kerja Cabang Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang yang saya hormati, selain program kerja yang telah saya sampaikan, Media Informasi & Publikasi juga melakukan beberapa kegiatan diantaranya:

·         Bulan Desember 2009
1.    Membuat dan mendistribusikan Kalender kepada PSP Serikat Pekerja Nasional se-Kabupaten Serang;
2.    Pembuatan WhiteBoard dan Papan Data Keanggotaan.

·         Bulan Januari 2010
1.    Melakukan pengurusan pemasangan sambungan Telpon sekaligus pemasangan dan Instalasi Internet;
2.    Pembuatan seragam Kaos yang digunakan dalam Aksi Tolak CAFTA;
·         Bulan Maret 2010
Pembuatan ucapan selamat melalui Media Radar Banten atas terpilihnya Sdr. Asep Saepulloh, SH sebagai ketua PSP Serikat Pekerja Nasional di Kawasan Industri PT. Nikomas Gemilang;
·         Bulan April 2010
  1. Pemesanan dan pembuatan karangan bunga ucapan selamat atas dlaksanakannya Konferensi Anggota PSP Serikat Pekerja Nasional Kawasan Industri PT. Nikomas Gemilang;
  2. Pembuatan dan pemasangan Baliho serta cetak dan penyebaran Leafleat dalam rangka peringatan Hari Buruh sedunia (May Day) 2010;
  3. Menyelenggarakan peringatan Hari Buruh sedunia (May Day) 2010 dalam bentuk malam renungan di halaman depan Sekretariat DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang.
·         Bulan Mei 2010
Pembuatan Spanduk dan cetak Leafleat untuk Aksi May Day di Kantor Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia Jakarta, cetak Leafleat Pengorganisasian, dan pembuatan Photo-photo mantan Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional.
·         Bulan Juli 2010
Menerima kunjungan dan Wawancara dengan OXFAM dan LIPS di Sekretariat DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Serang;
·         Bulan Agustus 2010
Pembuatan dan pemasangan Baliho Posko Pengaduan dan Konsultasi Ketenagakerjaan, mencetak dan pemasangan Leafleat Posko Pengaduan dan Konsultasi Ketenagakerjaan;
·         Bulan September 2010
Pembuatan dan pemasangan Spanduk ucapan ‘Iedul Fitri 1431 H;


Dari semua kegiatan yang dilakukan adalah merupakan bentuk tanggungjawab bersama dibawah kepemimpinan Ketua, mengingat didalam Serikat Pekerja Nasional adalah suatu bentuk kepemimpinan kolektif.  Menyimak Laporan singkat Kegiatan tersebut tentunya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memang adanya  perubahan dan perbaikan yang telah dicapai merupakan hasil dari solidnya kebersamaan antar pengurus, serta dukungan dan dorongan dari semua PSP Serikat Pekerja Nasional se-Kabupaten Serang. Tetapi kami menyadari bahwa hasil perbaikan tersebut masih jauh dari harapan kita bersama, dan masih sangat jauh dari kesempurnaan, hal ini tentunya karena keterbatasan kemampuan dari kami.

Demikian Laporan Kegiatan ini saya sampaikan agar dapat menjadi koreksi dan evaluasi kita bersama, juga sebagai acuan didalam meneruskan roda organisasi, mengingat hanya dengan organisasi ini kita dapat memperjuangkan nasib pekerja agar bermartabat. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar